Thursday, May 14, 2009

Peraturan Pertandingan Futsal


Futsal. Nama lain untuk indoor sepakbola ini tak kalah serunya ditunggu-tunggu penonton. Sama seperti BasketBall, Futsal benar-benar memaksa mata panas menonton tiada akhir siapa si juara sebenarnya. Nama-nama profesional dari masing-masing sbu pun seringkali ditaruh untuk strategi kemenangan. Berikut peraturannya:


  1. Waktu pertandingan adalah 2 x 14 menit kotor (time out, bola keluar, pelanggaran waktu tetap berjalan)
  2. Waktu istirahat 2 Menit, 1 kali dalam pertandingan memisahkan 2 babak.
  3. Bola yang akan digunakan pada saat pertandingan akan diberitahukan pada saat technical meeting (Merk Umbro atau Merk Nike)
  4. Panitia menyediakan 2 buah bola untuk pertandingan, sedangkan untuk pemanasan masing – masing SBU diharuskan membawa bola masing – masing.
  5. Jumlah pemain minimal 5 orang dan maksimal 12 orang dengan jumlah pemain dalam tiap pertandingan atau sesi adalah 12 orang.
  6. Jumlah pemain pada pertandingan penyisihan, semifinal, dan final boleh diganti – ganti asalkan jumlah dalam 1 tim tetap 12 orang.
  7. Pergantian pemain dapat dilakukan setiap saat (bebas) dengan ijin dari wasit. Pemain yang telah keluar dapat masuk kembali ke pertandingan.
  8. Wasit yang bertugas adalah 1 orang (diambil dari luar) dibantu 2 orang penjaga garis dari perwakilan masing-masing SBU yang sedang tidak bertanding
  9. Time out untuk masing–masing tim adalah 1 kali dalam 1 babak.
  10. Lamanya time out adalah 1 menit dan wasit berhak untuk menghentikan time out bila telah lebih dari 1 menit.
  1. Jika bola keluar atau out maka dilakukan tendangan ke dalam.
  2. Gol tidak dapat dicetak langsung dari tendangan kedalam.
  3. Jika bola telah menyentuh seorang pemain dari tim yang bertahan dan melewati garis gawang (kanan / kiri) maka dilakukan tendangan sudut.
  4. Gol dapat dicetak secara langsung dari tendangan sudut.
  5. Dilarang melakukan pelanggaran keras (sliding tackle, mengganjal, mendorong lawan, dll).
  6. jika terjadi pelanggaran maka dilakukan tendangan bebas langsung, dan jika terjadi di area penalty maka akan dilakukan tendangan penalty.
  7. Gol dapat dicetak secara langsung dari tembakan bebas langsung.
  8. Tendangan bebas tidak langsung diberikan jika penjaga gawang menyentuh bola dengan tangan di luar area penalty.
  9. Jika pertandingan berakhir seri maka akan dilakukan adu pinalti, masing – masing tim akan mendapat jatah 3x tendangan pinalti, bila skor tetap sama kuat, dilanjutkan dengan pinalti tambahan, masing-masing tim mendapat jatah 1 x pinalti sampai ada tim yang gagal mencetak gol. (sudden death)

0 comments:

Post a Comment

 
speedbloggertemplate.co.cc. Powered by Blogger.com